Pendekatan Komunikatif


Materi berikut ini saya dapatkan dari Bu Tuti Qurrotul Aini sewaktu mengikuti perkuliahan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, kepada Bu Tuti kami haturkan terima kasih 

STRATEGI-STRATEGI PEMBELAJARAN KETRAMPILAN BERBAHASA BERDASARKAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF

A. PEMBELAJARAN MENYIMAK
   
Dalam pembelajaran menyimak teknik yang tergolong komunikatif adalah                   dictogloss. Dalam teknik ini guru membacakan sebuah wacana singkat kepada            siswa dengan kecepatan normal dan siswa diminta menuliskan kata sebanyak yang      mereka mampu. Mereka kemudian bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil       untuk merekonstruksi wacana dengan mendasarkan serpihan-serpihan yang telah         mereka tulis. Ada empat tahap dalam teknik dictogloss ini : 
   1. Persiapan. Pada tahap ini guru mempersiapkan siswa untuk menghadapi teks               yang akan mereka dengar dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan            mendiskusikan gambar stimulus, dengan membahas kosa kata, dengan                         meyakinkan bahwa siswa tahu apa yang harus dilakukan, dan dengan meyakinkan        bahwa siswa ada dalam kelompok yang sesuai.
   2. Dikte. Pembelajar mendengarkan dikte dua kali. Pertama, mereka hanya                      mendengar dan mendapatkan gambaran umum teks tersebut. Kedua, mereka                membuat catatan dengan dimotivasi hanya untuk mencatat kata-kata isi yang               nantinya akan membantu mereka merekonstruksi teks. Untuk alasan konsistensi          lebih baik mereka mendengarkan teks melalui tape-recorder, bukan dari teks yang        dibacakan guru
   3. Rekonstruksi. Pada akhir dikte pembelajar mengumpulkan catatan-catatan dan            menyusun kembali teks versi mereka. Selama ini perlu diingat bahwa guru tidak          memberikan masukan bahasa pada siswa. 
    4. Analisis dan koreksi. Ada berbagai cara untuk menangani tahap ini. Pertama,              setiap teks versi siswa bisa ditulis melelui papan tulis atau ditayangkan melalui           OHP. Kedua, teks bisa diperbanyak dan dibagi-bagikan kepada semua siswa.               Ketiga, siswa bisa membandingkan versi mereka dengan teks asli , kalimat demi         kalimat.
Disamping teknik dictogloss guru dapat menggunakan beberapa permainan menyimak yang dibagi ke dalam dua bagian yaitu :

1. Bagian Satu
Merupakan aktivitas yang tidak begitu membutuhkan simakan yang intensif.

 a. Simon berkata ( Simon says )
Siswa diberi serangkaian perintah , tetapi mereka hanya boleh patuh jika perintah itu diawali dengan Simon says…. Dalam pembelajaran bahasa Arab bisa diganti dengan
  Contoh:قال زيد
  1 قياما
  2 قال زيد , قياما
  3قال زيد, صفق
  4جلوسا
  5قال زيد, اكتب اسمك علي القرطاس
  6امسك يد زميلك     
Permainan ini akan lebih menarik jika dihubungkan dengan kompetisi antar kelompok. Kelompok yang menang adalah yang melakukan paling sedikit kesalahan dan atau merespon perintah dengan benar dan cepat.

b. Tampilan jam (clock faces), dalam pembelajaran bahasa Arab disebut                       .  Siswa menggambar lingkaran kecil pada secarik kertas. قرص الساعة
        Pada saat guru membacakan waktu mereka menggambar jarum pada posisi yang benar. Contoh :
السا عة الواحدة تماما, السا عة الثالثة والربع, الس عة الخا مسة و عشر دقائق
Atau guru menyediakan beberapa tampilan jam untuk masing-masing kelompok dengan menentukan posisi jarum yang berbeda untuk tiap kelompok. Yang dilakukan siswa adalah merespon apa yang dikatakan guru.

       ( Benar atau salah/ True or false)    صوا ب أو خطأ c.
  Permainan ini bisa dilakukan secara independent. Hampir semua butir gramatika dapat dimasukkan dalam permainan ini.
       كنت سعيد في جاكرتا 1.   
       انتقل الشركة إلي سمارنج 2.   
             تستغرق الرحلة ساعة واحدا 3.    
      يا زينب أي جميعة تختار 4.     
          هل شربت القهوة 5.       

 ( mengikuti arah/following directions). Guru memberi siswa peta       تتبع التوجيهات d.  sederhana yang di atsnya ada bangunan-bangunan dan jalan-jalan. Melalui sebuah percakapan siswa bisa menelusuri peta tersebut , contoh :
علي : أين أنت الآن ؟
أحمد : في بداية شِارع المطار
علي : حسنا, سر من مكانك جنوبا إلي شارع المطار حتي تصل إلي الجسر . اعبر الجسر ووا صل السير حتي تصل إلي الجسر الثاني الواقع بالقرب من وزارة الداخلية . لا تعبر الشارع. اتجه يمينا عند إشارة المرور حني نصل غلي النقاطع..........

   (main tebak/guess who)Pilihlah salah seorang tokoh terkenal seperti       التخمينe.   
Artis, negarawan , olahragawan dan berikan gambaran pribadinya serta jangan berikan ciri-ciri pribadi yang menonjol sampai menjelang selesai. Atau siswa menebak benda-benda yang disembunyikan oleh guru setelah diberitahu cirri-cirinya.
شكله طويل, لونه أصفر أو أخضر, يحبه قرد, هو من الفواكه ما هو ؟
هو شاب ذكي و نبيل, قامته متوسطة, هو سمينة, هو أحد الطلاب فى هذا الفصل, من هو؟

2. Bagian Dua
Merupakan aktivitas yang membutuhkan simakan yang intensif.

a. Mencari kata-kata. Semua siswa menulis daftar pendek kata-kata yang mungkin mereka dengar dalam wacana. Kata-kata ditulis tidak secara urut dan tugas siswa adalah menandai kata-kata yang mereka dengar.

b. Menyimak jigsaw. Guru membacakan sebuah paragraph yang berisi empat sampai lima kalimat secara acak. Tiap kalimat dibaca dandiikuti jeda sejenak. Setelah selesai siswa menuliskan urutan kalimat denga hanya menuliskan angkanya.

c. Menyimak cloze. Guru membacakan teks yang telah diambil beberapa katanya. Biasanya dalam satu kalimat kata yang dihilangkan satu saja, tetapi apabila kalimatnya panjang bisa dua kata yang dihilangkan. Siswa berusaha menentukan kata yang sesuai dengan bagian yang kosong.

B. PEMBELAJARAN BERBICARA

Beberapa teknik yang bisa digunakan guru dalam pembelajaran berbicara adalah :

a. Debat dan diskusi
b. Aktivitas drama
c. Information gap( fajwatun ma`lumatun), dalam proses komunikasi antara pembicara dan pendengar ada sesuatu yang belum diketahui. Aktivitas-aktivitas information gap yaitu :
* Mengurutkan gambar
*Siapa dia
*Menjelaskan dan menggambar
* Pura-pura lupa
*Membagi informasi

C. PEMBELAJARAN MEMBACA

Menurut Harmer ada enam ketrampilan yang harus diperhatikan dalam pembelajaran membaca, yaitu :
1. Ketrampilan prediktif, seorang pembaca efisien mampu memperkirakan apa yang akan ditemuinya dalam teks.
2. Mencari informasi tertentu, ketrampilan ini dikenal dengan ketrampilan scanning.
3. Memperoleh gambaran umum atau dikenal dengan skimming. Aktivitas ketrampilan ini misalnya dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yes/no.
4. Memperoleh informasi rinci.
5. Mengenali fungsi dan pola wacana.
6. Menarik makna dari teks.

Aktivitas scanning
a. Mencari padanan kata
b. Mencari jenis kata
c. Mencari iklan
d. Membandingkan
e. Mengecek tanggal
f. Daftar belanja
g. Berita utama

Aktivitas skimming
a. Memilih judul
b. Membuat judul

Aktivitas membaca intensif;
a. Mencocokkan kata benda dan kata kerja
b. Memisahkan kalimat
c. Merangkum
d.Mengisi kekosongan
e. Memilih rangkuman
f. Mencari fakta
g. Mencocokkan gambar dengan paragraph yang sesuai.
Aktivitas membaca ekstensif:
a. Menyimpan catatan
b. Membuat daftar
c. Merangkum
d. Mencari kesukaran
شهادة ضمان
رقم الشهادة : 127867
تاريخ الشهادة : 2006 9
الشكة الصانعة : NOKIA   الموديل   6610
شروط الضمان :
عزيزى العميل :
نشكرك لإختيارك ضمان نغمة جدة لجهازك الجوال فى أنحاء المملكة العربية السعودية
شروط شهادة الضمان :
1)    يغطى الضمان السنة الأول صيانة وقطع غيار مجانا ما عداالشاشة
2)    يغطى الضمان.....



رقم الإنتاج :
صالح حتى :
المكونات : دقيق قمح, سكر, زيت نخيل, مسحوق كاكاو, مسحوق لبن, مستحلب لستين الصويا, ملح, بيض, خميرة,

D. PEMBELAJARAN MENULIS

Aktivitas-aktivitas pembelajaran menulis yaitu :
1. Menulis terkontrol
a. Kalimat jigsaw
b. Wacana berjenjang
c. Wacana cloze murni
d. mencari dan menyalin
e. Dikte
f. Menyusun kalimat
g. Menyimpulkan

Aktivitas menulis terbimbing
a. Menggunakan gambar
b. Cerita dengan gambar
c. Merangkum
d. Menggabungkan
                                                                                                                        e. Mencatat
f. Membalas surat
g. Menulis ulang iklan
h. Dialog berpasangan


Latar Belakang :
1. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam pembelajaran bahasa asing di Inggris tahun 60-an
2. Kebutuhan mendesak untuk komunikasi

                                                                                                 Pendekatan komunikatif :
1. pendekatan pada disain silabus bahasa
2. pendekatan yang mengintegrasikan pengajaran fungsi-fugsi bahasa dan tata bahasa
3. menggunakan prrosedur-prosedur yang menempatkan pelajar BT dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 2 atau lebih yang menggunakan sumber-sumber bahasa yang ada untuk memecahkan problem-problem.
4. memadukan latihan-latihan komunikatif dengan silabus struktural
5. terdiri dari versi kuat dan lemah
6. perbedaan PK dengan PS :
PK
MAL
No.
makna
bentuk
1.
Fungsi komunikatif
memorisasi dialog
2.
kontekstualisasi
Tidak harus kontekstualisasi
3.
Belajar berkomunikasi
Belajar struktur, ujaran dan kata
4.
Komunikasi efektif
Masteri atau over learning
5.
Tidak sentral
Drill teknik sentral
6.
Boleh bila dibutuhkan
Bahasa ibu dan terjemah dilarang
7.
Didorong sejak awal
Komunikasi stlh latihan dan pengulangan yang lama
8.
Dengan orang lain
Berinteraksi dengan system bahasa
9.

CIRI-CIRI PK  :
1.Aktifitas-aktifitas yang menunjukkan komunikasi yang sebsenarnya yang mendorong siswa untuk belajar.Harus ada information gap
2. Tugas-tugas yang bermakna mendorong siswa belajar
3. Pemilihan materi berdasarkan analisis kebutuhan.
4. Berorientasi pada pelajar
5. Peran guru sebagai penyyuluh, penganalisis kebutuhan dan manajer kelompok
6. Peran materi instruksional ( teks, tugas dan bahan otentik ) sebagai penunjang komunikasi pelajar secara aktif.

                                            

Komentar

  1. sabung ayam live
    Mencari kata-kata. Semua siswa menulis daftar pendek kata-kata yang mungkin mereka dengar dalam wacana

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Teknik, Metode, dan Strategi

Soal Iman Kepada Rasul

Mufrodat tentang Makanan dan Minuman