Soal Iman Kepada Rasul

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat !

Petunjuk : Sebelum menjawab bacalah basmalah terlebih dahulu, kemudian tulis nama dan nomor absenmu !


  1. Jelaskan perbedaan antara nabi dan rasul!
  2. Mengapa kita harus beriman kepada nabi dan rasul, jelaskan alasannya!
  3. Berikan empat contoh perilaku yang mencerminkan bahwa seseorang itu beriman kepada Rasul Allah SWT!
  4. Mengapa Allah SWT memberi mujizat kepada para rasul! sebutkan 3 jenis mukjizat yang kamu ketahui!
  5. Buatlah contoh perbuatan seorang rasul yang menunjukkan bahwa ia seorang yang shidiq dan amanah!
Selamat Mengerjakan 

Komentar


  1. 1. Nabi adalah seseorang laki-laki yang dipilih Allah untuk menerima wahyu Nya melewati perantara malaikat Jibril As untuk diamalkan untuk diri sendiri dan terkadang diperintahkan untuk menyebarkannya.Sedangkan yang namanya rasul adalah seseorang yang telah dipilih Allah untuk menerima wahyu Nya melewati malaikat Jibril As namun rasul yang diperintah untuk menyampaikan ajaran-ajaran agama yang diterima dalam wahyu kepada umatnya.

    2. Karena mereka adalah orang utusan allah swt yang diberi wahyu untuk disampaikan kepada umat agar tidak tersesat sesuai tuntunan yang berdasarkan dari alquran (kita yang sudah disempurnakan)

    3. 1. Jujur dalam segala perbuatan
    2. Berkata baik dan benar kepada siapa saja dan apabila tidak bisa berkata baik, maka lebih baik diam.
    3. Melaksanakan amanah dari orang tua, amanah dari guru, amanah dari orang lain, maupun amanah agama.
    4. Berusaha sekuat tenaga untuk berjuang, menegakkan kebenaran dan berjuang untuk mencapai kesuksessan degan penuh kesadaran dan semangat mencari Ridha Allah swt.

    4. Karena para rasul memiliki ketabahan yang luar biasa ketika diberi ujian oleh Allah SWT : Nuh membuat kapal , Ibrahim kebal terhadap api , Musa : Membelah laut dan tongkat menjadi ular , Isa menurunkan makanan dari langit , menghidupkan orang mati ( meskipun hanya sebentar ) Muhammad Al quran dan membelah bulan menjadi dua

    5. *As-shidiq adalah perbuatan jujur contohnya adalah ketika disuruh ibu membeli barang di toko yang kembalian di berikan secara utuh

    *Al amanah adalah dapat dipercaya contohnya ketika menjadi bendahara kita harus berani bertanggung jawab jika ada yang hilang,dan kita tidak boleh mengkhianati amanat itu

    BalasHapus

  2. 1. Nabi menurut istilah adalah lelaki pilihan yang mendapat wahyu dan diutus oleh Allah SWT tetapi tidak harus disampaikan.
    Rasul menurut istilah adalah lelaki pilihan yang mendapat wahyu dan diutus oleh Allah SWT dengan membawa risalah kepada umat manusia.

    2. Karena mereka adalah orang utusan allah swt yang diberi wahyu untuk disampaikan kepada umat agar tidak tersesat sesuai tuntunan yang berdasarkan dari alquran (kita yang sudah disempurnakan)

    3. - Jujur dalam segala perbuatan
    - Berkata baik dan benar kepada siapa saja dan apabila tidak bisa berkata baik, maka lebih baik diam.
    - Melaksanakan amanah dari orang tua, amanah dari guru, amanah dari orang lain, maupun amanah agama.
    - Berusaha sekuat tenaga untuk berjuang, menegakkan kebenaran dan berjuang untuk mencapai kesuksessan degan penuh kesadaran dan semangat mencari Ridha Allah swt.

    4. Karena para rasul memiliki ketabahan yang luar biasa ketika diberi ujian oleh Allah SWT : Nuh membuat kapal , Ibrahim kebal terhadap api , Musa : Membelah laut dan tongkat menjadi ular , Isa menurunkan makanan dari langit , menghidupkan orang mati ( meskipun hanya sebentar ) Muhammad Al quran dan membelah bulan menjadi dua

    5. Contoh Shidiq : Rasulullah tidak pernah berbohong ketika di tanya mengenai sesuatu
    Contoh Amanah : rasulullah selalu dapat mangemban amanah yg di berikan kpd nya,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Teknik, Metode, dan Strategi

Mufrodat tentang Makanan dan Minuman